PKBM Bumi Literasi dan STIM Sukma Gelar Penguatan SDM

BERITAKARYA.COM, MEDAN – Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan gelar kegiatan penguatan SDM warga belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bumi Literasi Patumbak. Kegiatan itu diikuti puluhan warga belajar dan para tutor (guru) PKBM Bumi Literasi, Minggu (13/6/21).

Penguatan SDM warga belajar dan tutor tersebut digelar STIM Sukma sebagai wujud Tri Dharma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat. Dosen STIM Sukma Medan, Soraya Grabiella Dinamika mengatakan mereka membawa sejumlah mahasiswa untuk memberikan motivasi kepada warga belajar yang rata-rata putus sekolah.

“Kita sengaja memilih sekolah yang menyelenggarakan pendidikan paket A, B, dan C karena siswanya mayoritas berasal dari anak-anak putus sekolah,’’ ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima beritakarya.com, Senin (14/6/21).

Sementara itu, dosen STIM Medan lainnya Dewi Shinta Wulandari Lubis menjelaskan pentingnya pendidikan untuk menghadapi masa depan. Dalam paparannya berjudul ‘’Jadi SDM Berkualitas, Yuks’’, Dewi memotivasi siswa PKBM Bumi Literasi untuk tidak gampang menyerah.

Di tempat yang sama, Ketua PKBM Bumi Literasi, Murianti menyambut baik kehadiran dosen dan mahasiswa STIM Sukma Medan yang dapat memotivasi warga belajar mereka untuk meneruskan sekolah sampai ke perguruan tinggi. ‘’Warga belajar kami kan mayoritas putus sekolah. Kami selalu memotivasi mereka agar tamat sekolah bisa kuliah,’’ kata Murianti.

Dijelaskan Murianti, PKBM Bumi Literasi sendiri baru berdiri sejak 2019 dan mulai melakukan kegiatan belajar tahun 2020. Sampai saaat ini di PKBM Bumi Literasi sudah terdaftar siswa sebanyak 128 orang. ‘’Mayoritas mereka adalah warga Deliserdang,’’ jelas Murianti. (*/rel)

Tinggalkan Balasan