Wagubsu Musa Rajekshah: Pemprov Sumut Siapkan Wisma Atlet dan Asrama Haji Jadi RS Darurat Covid-19

BERITAKARYA.COM, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengatakan, Pemprov Sumut siapkan rumah sakit (RS) Darurat pasien Covid-19 dengan jumlah tempat tidur 1.000 unit di Wisma Atlet dan Asrama Haji Medan.

Ini dilakukan karena lonjakan kasus covid-19 di Sumut masih belum melandai hingga saat ini. Bahkan Sumut masuk dalam posisi 5 besar di luar Pulau Jawa dan Bali. Tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) untuk penanganan pasien covid-19 di Sumut saat ini mencapai 65%.

Kemudian tingkat keterisian kamar ICU penanganan covid sebesar 59%. Karena itu, Musa Rajekshah mengatakan Pemprov Sumut akan menyiapkan rumah sakit darurat penanganan covid. “Sedang mempersiapkan rumah sakit darurat isolasi covid terpusat untuk 1.000 tempat tidur tahap pertama,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7/21).

Ada pun 1.000 kamar penanganan covid itu, kata Musa Rajekshah, terdapat di Wisma Atlet milik Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar dh Jalan Pancing, Medan Estate, dan Asrama Haji, Jalan AH Nasution Medan.

Soal Sumut masuk dalam 5 besar kasus covid di luar Jawa dan Bali, yakni bersama Sumbar, Kaltim, Papua, dan NTT, menurut Wakil Gubernur Musa Rajekshah, sifatnya fluktuatif, atau bisa naik dan bisa juga turun.

Untuk itu, peran nyata upaya pengendalian covid di Sumut, sangat tergantung kepada masyarakat. “Tapi ini tergantung daripada masyarakat menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak, mengindari kerumunan,” katanya.

Musa Rajekshah, juga menekankan perlunya partisipasi masyarakat menyukseskan program vaksinasi. Karena dengan divaksin, imun tubuh meningkat sehingga lebih besar kemungkinan terhindari dari bahaya covid. “Masyarakat juga harus bersedia divaksin. Memang saat ini keterbatasan vaksin dari pusat, jumlahnya terbatas untuk dibagi di 34 provinsi,” kata Ijeck. (*/mbd/ht)

Tinggalkan Balasan