Musa Rajekshah Tinjau Persiapan Akhir Ahmed Sebagai Lokasi Isoman Pasien Covid-19

BERITAKARYA.COM, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah meninjau Asrama Haji Medan (Ahmed) Jalan Jenderal Besar Ahmad Haris Nasution yang dipersiapkan sebagai lokasi isolasi mandiri (isoman) pasien Covid-19.

“Asrama Haji sedang kita persiapkan sebagai lokasi isolasi mandiri (isoman) bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan kondisi rendah ke sedang,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima beritakarya.com, Kamis (5/8/21).

Dia mengatakan, menjadikan Asrama Haji Medan sebagai lokasi isoman merupakan bagian dari cara Pemprov Sumut mengedukasi masyarakat dalam menghadapi pandemi ini. “Melalui Lokasi Isoman ini, kita juga inginkan menjadi edukasi bagi masyarakat bahwa seseorang yang terpapar Covid-19 bukan harus dijauhi,” ujar Musa Rajekshah yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sumut.

(foto: fb/beritakarya.com)

Menurutnya, pasien isolasi mandiri di sini akan diberi tahu, diedukasi dengan baik bagaimana Covid-19 dan cara penanganannya, dengan harapan, setelah selesai dirawat, akan membantu menginformasikan ke masyarakat.

“Yang penting dalam penanganan seseorang terpapar Covid-19 adalah, jangan stress. Karena nantinya bisa mempengaruhi imun tubuh dan bisa memperburuk kondisi. Kalau memang terpapar, harus yakin sembuh dan anggaplah seperti kena flu,” ucapnya.

“Lalu olahraga, berjemur, obat dan vitamin harus dijaga. Dan juga, manfaatkan obat-obatan herbal seperti sambiloto, temulawak, bawang putih dan lainnya, yang khasiatnya sudah sejak dulu dipercaya oleh orang orang tua kita,” tambahnya.

Ahmed sebagai lokasi isoman saat ini sedang dalam tahap persiapan akhir. Diharapkan, semua bisa terkendali dan berjalan sesuai yang diharapkan. “Lokasinya bagus, sirkulasi udara cukup baik, dan juga memiliki ruang terbuka yang besar yang bisa dipakai untuk berjemur dan berolahraga. Ada 150 kamar nantinya, dengan total jumlah 300 tempat tidur,” imbuhnya.

“Satu Kamar diisi oleh 2 orang. Dalam waktu dekat, setelah segala kebutuhan terpenuhi. Lokasi isolasi mandiri di Asrama Haji Medan akan segera difungsikan,” tukasnya. (*/ht)

Tinggalkan Balasan