Taliban Sampaikan Selamat HUT 76 RI, Jubir: Kemenangan Kami Mirip Perjuangan Indonesia

BERITAKARYA, AFGHANISTAN – Taliban yang baru saja berhasil menguasai Afganistan, turut mengucapkan selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Selasa 17 Agustus 2021.

Kelompok yang baru saja berhasil merebut kota Kabul pada Minggu (15/8/2021) tersebut mengungkapkan jika keberhasilannya mirip dengan kemerdekaan Indonesia.

Juru Bicara Taliban Suhail Syahidin bahkan mengungkapkan keberhasilan kelompoknya menguasai Afganistan sama seperti kesuksesan Indonesia mengusir penjajah Belanda.

“Kemenangan kami terhadap Amerika Serikat seperti keberhasilan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah,” kata Suhail Syahin.

Syahin menegaskan, Taliban menjamin semua warga negara asing, termasuk Indonesia. “Kami siap menjamin proses evakuasi kalau memang diperlukan,” tegas Syahin.

Sejak Taliban berhasil masuk ke istana presiden, banyak negara yang menutup duta besarnya, namun tidak untuk China dan Rusia.

Kedua negara tersebut tetap membuka kedutaan besarnya di Kabul dan mengaku siap menjalin persahabatan dengan Taliban sebagai penguasa baru di Afghanistan. (*/sc)

Tinggalkan Balasan