Menko Airlangga: Bantuan Beras dan BST Sudah 100% Tersalurkan

BERITAKARYA.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim realisasi dua program yaitu bantuan beras dan bantuan sosial tunai sudah sepenuhnya terealisasi. Bantuan ini diberikan karena adanya PPKM Darurat dan PPKM level empat.

Program bantuan beras Bulog sebanyak 10 kilogram (kg) per keluarga menyasar 28,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Sementara BST atau juga disebut Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) non PKH ini diberikan kepada 8,8 juta keluarga.

“Program bantuan beras 10 kg sudah seluruhnya tersalurkan sesuai dengan target 28,8 juta keluarga. BPNT non PKH tersalur 100 persen untuk 8,8 juta,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (31/8/21).

Untuk bantuan subsidi upah, ia menyebut realisasinya sudah proses DIPA. Bahkan bantuan sebesar Rp 1 juta ini sudah dicairkan kepada 2,09 juta pekerja nonkritikal yang terdampak penerapan PPKM Darurat hingga PPKM level tiga dan level empat.

“Terkait program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) realisasi Rp14,2 triliun untuk 11,84 juta pelaku usaha mikro atau 92,52 persen dari pagu. Kartu prakerja batch 19 pada 26-29 Agustus ini telah dibuka,” ungkapnya.

Untuk program kartu prakerja, pada gelombang 18 lalu sudah ada 800 ribu peserta yang telah diterima. Dari sebanyak 3,18 juta orang yang ikut pendaftaran di gelombang tersebut, hanya 2,38 juta yang eligible, dan 800 ribu peserta yang diterima. (*/mi).

Tinggalkan Balasan