Menko Airlangga ke PKL Medan: “Berani Utang Nggak? Bunganya Cuma 3 Persen…”

BERITAKARYA.COM, MEDAN – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sempat melakukan tanya jawab dengan pedagang kaki lima (PKL) terdampak PPKM yang hadir dalam ujicoba penyaluran bantuan tunai Rp 1,2 juta di Mapolrestabes Medan, Kamis (9/9/21).

Awalnya, Airlangga bertanya kepada para PKL dan pemilik yang hadir, apakah mereka sangat terdampak kebijakan PPKM akibat peningkatan varian delta COVID-19. Mayoritas menjawab pendapatannya turun.

“Ibu akan mendapatkan bantuan tahu enggak berapa? Kalau ibu biasa dapat Rp5 0 ribu, ini kita kalikan sehingga ibu dapatnya Rp 1,2 juta. Kalau tambah lagi berani utang enggak? enggak berani?,” tutur Airlangga.

Selain memberikan bantuan pemerintah, Airlangga juga menawarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para pedagang kaki lima dan pedagang warung tersebut. Dia pun menyatakan besaran bunganya hanya 3 persen.

“Padahal kalau mau utang kita bisa ngasih utang bunganya 3 persen, enggak berani yah? Pak Erwin berani ngutang enggak? Ini ada program KUR bunganya 3 persen pinjam pertama boleh Rp 10 juta kalau sudah berani kasih tahu,” ujarnya.

Airlangga juga mengingatkan, jika para pedagang ini nantinya berani mengambil utang jangan sampai mengambilnya kepada rentenir sebab bunganya mahal. Sementara itu, pemerintah ditegaskannya sudah menyediakan KUR dengan bunga hanya 3 persen.

“Mulai dari Rp10 juta bunganya hanya 3 persen dan enam bulan enggak bayar utang, sehingga ini kesempatan, apalagi tadi saya dengar rata-rata sudah lebih dari 1-2 tahun. Jadi kalau berani jangan ke rentenir hubungi BRI atau PNM dan lain,” ujar dia. (*/vci)

Tinggalkan Balasan