Ketika Musa Rajekshah Terpukau Penampilan Musik Etnik Pondok Kreatif Parapat

BERITAKARYA.COM, SIMALUNGUN – Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Parapat, Kabupaten Simalungun, kemarin, Ketua DPD I Partai Golkar Sumut H Musa Rajekshah sempat menyaksikan Gondang yang ditampilkan anak-anak dari Pondok Kreatif Parapat.

Ijeck-panggilan akrabnya-pun mengaku terpukau dengan penampilan apik dari anak-anak tersebut. “Salut! Penampilan dari Pondok Kreatif Parapat sangat luarbiasa. Sesuai namanya, apa yang mereka tampilkan pun, sangat kreatif, menarik, dan sangat menghibur,” tulisnya dalam unggahan di akun media sosialnya seperti dilihat, Jumat (22/10/21).

Meski menggunakan alat musik tradisional Batak, namun bisa sangat pas saat mengirini lagu-lagu kontemporer dari sejumlah etnik yang ada di Sumut. Menurutnya, permainan apik anak-anak tersebut sangat indah didengar.

“Jadi anak-anak kita di Pondok Kreatif Parapat ini menampilkan Lagu Kontemporer Enam Puak, yakni Toba, Simalungun, Pakpak, Karo, Mandailing dan Melayu yang dibawakan sedemikian rupa dengan semua alat musik gendang. Ada macam macam, ada Garantung dari Toba, Taganing dari Toba, Floor, Hi-hat, simbal, perkusi, Djimbei, Bonggo, dan lainnya. Semua bermain baik dan menyajikan musik yang sangat indah didengar,” ujarnya.

Musa Rajekshah yang terpukau pun kemudian naik ke atas panggung, dan mencoba memaikan seperangkat alat music tradisional tersebut. “Karena menarik, kebetulan juga diundang ke atas panggung, saya sekalian cobain gimana rasanya memainkan alat musik anak-anak kita ini. Saya cobain Garantung, alat musik khas Toba. Suaranya khas sekali. Dengan cara dipukul, alat musik ini mengeluarkan nada yang indah,” sebutnya.

“Insyaallah kita akan dukung, dan kita berharap, semakin banyak lagi anak-anak kita yang bisa berkreasi, khususnya di daerah pariwisata seperti ini yang bisa meningkatkan nilai destinasi wisata semakin baik,” tandasnya. (*/ht)

Tinggalkan Balasan