Kwarcab Medan Gelar Rekruitmen Pramuka Peduli 2021, Lihat Tanggal ‘Mainnya!”…

Rapat technical meeting panitia pelaksana rekruitmen Pramuka Peduli. (foto: ist)

BERITAKARYA.COM, MEDAN – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan akan menggelar rekruitmen Pramuka Peduli 2021.  Kegiatan akan berlangsung pada 20-21 November 2021 mendatang di Taman Cadika Medan, Jalan Karya Wisata No. 63, Kecamatan Medan Johor.

“Hasil technical meeting disepakati kegiatan akan digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (20-21/1/21). Pelaksana kegiatan Komisi Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Abdimasgana) Kwarcab Medan,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Satia Darma, Sabtu (13/11/21).

Dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam upaya penanganan atau pertolongan kecelakaan, musibah, dan bencana alam.

“Sasaran yang akan dicapai melalui rekruitmen ini adalah untuk mengembangkan materi pelestarian lingkungan yang bermanfaat sebagai fungsi dari penguatan alam, fungsi penguatan penyelamatan, dan mengembangkan potensi yang ada dalam pencapaian peningkatan sumber daya manusia (SDM) lainnya,” ujar Satia.

Target rekruitmen sebanyak 100 personel yang nantinya akan dibagi ke dalam tiga unit dengan kesatuan terpisah, yakni Unit Penanggulangan Bencana, Unit Pelestarian Lingkungan dan Unit Peduli Kemanusiaan. “Peserta seleksi atau rekruitmen berasal dari utusan Kwartir Ranting (Kwaran) di jajaran Kwartir Cabang (Kwarcab),” imbuhnya.

Satia mengatakan, pendaftaran gelombang pertama telah berakhir kemarin, Jumat (12/11/21). Namun bila memungkinkan akan dilakukan pendaftaran gelombang kedua.

Terkait pelatihan Pramuka Peduli ke depan setelah terbentuk akan melibatkan sejumlah instansi yang berkompeten. “Untuk pelatihan nantinya kita akan melibatkan sejumlah instansi, di antaranya Basarnas, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, dan instansi lainnya,” terangnya. (*/ht)

Tinggalkan Balasan