Musa Rajekshah: Kehadiran Wapres Jadi Momentum Sinergi Sumut dan Pusat Wujudkan Kesejahteraan Rakyat

Musa Rajekshah mendampingi Wapres dan Gubsu meninjau stand pameran. (foto: ist)

BERITAKARYA.COM, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) H Musa Rajekshah SSos MHum mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi dalam rapat koordinasi bersama Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Rabu (17/11/21).

Hadir dalam rapat tersebut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, seluruh kepala daerah se-Sumatera Utara, dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Rapat koordinasi mengagendakan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan kebijakan publik. “Rapat langsung dipimpin Bapak Wapres KH Ma’ruf Amin,” kata Musa Rajekshah usai rapat kepada wartawan.

Wapres KH Ma’ruf Amin pimpin rapat kordinasi.

Musa Rajekshah yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sumut mengatakan, dalam rapat tersebut terungkap bahwa Pemprov Sumut fokus dalam penguatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Langkah antisipasi Sumut di masa pandemi fokus mengembangkan pasar di dalam negeri, dan memperkuat UMKM sebagai harapan bagi penyelamatan perekonomian Sumut,” ujarnya.

Dalam rapat terungkap, di antara acara yang dilakukan Pemprov Sumut adalah mengoptimalkan realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). “Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga telah menjadi cara memperkuat UMKM. Realisasi KUR di Sumut hingga 31 Oktober 2021 mencapai Rp 9,6 triliun,” bebernya.

Pemprov Sumut sendiri, lanjutnya, memiliki program khusus yakni KUR Sumut Bermatabat melalui Bank Sumut. Selain itu, Pemprov Sumut juga memberikan bantuan kepada UMKM. “Mulai dari bantuan peralatan, fasilitasi pemasaran digital, promosi hingga pameran produk UMKM di galeri milik Pemprov,” tambahnya.

Musa Rajekshah dampingi Mendagri Tito Karnavian

Pemberdayaanlah yang menjadi kunci untuk bangkit. Potensi potensi yang ada, harus dioptimalkan dan dikembangkan. “Dengan kehadiran Wapres RI Bapak KH Ma’ruf Amin ke Sumatera Utara, menjadi momentum penguatan sinergi antara pemerintah provinsi dan daerah dengan pemerintah pusat, sehingga usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Sumatera Utara bermartabat bisa diwujudkan,” harapnya. (*/ht)

Tinggalkan Balasan