RS Haji Siaga Pasien Covid-19 Omicron

BERITAKARYA.COM, Medan – Manajemen Rumah Sakit Haji Medan mengambil langkah cepat untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron. Untuk itu, rumahsakit plat merah itu telah membuka ruangan khusus untuk pasien Covid-19. 

Hal ini diungkapkan Staf Pengembangan Mutu dan Pelayanan RS Haji Medan, Vira. Ia menyebut ruangan khusus untuk pasien COVID-19 sudah dipersiapkan sejak sebelum tahun baru lalu. 

“Kita selalu siaga, dan ruangan pasien COVID-19 Ini kembali kita buka sejak sebelum tahun baru kemarin,” papar Vira, Senin (10/1/2022) kemarin.

Dikatakan Vira  di Rumah Sakit Haji ada dua ruangan yang kembali dikosongkan sejak akhir bulan Desember 2021.

“Ada dua ruangan yakni ruangan Shafa Marwa serta ruangan arafah. Dimana untuk ruangan Shafa Marwa itu untuk pasien dengan gejala ringan serta dijadikan tempat isolasi dan ruangan arafah digunakan untuk pasien COVID-19  dengan gejala berat,” tuturnya. 

Untuk jumlah tempat tidur atau  Bed Occupancy Rate ( BOR)  dikatakan Vira dirinya belum mengetahui pasti. 

“Belum tahu dari kemarin berubah-rubah tapi sejauh ini tidak ada pasien yang bukan gejala COVID-19 yang diperbolehkan masuk ke sana,” ucapnya. 

Untuk pasien COVID-19 varian omicron dikatakan Vira tidak akan dibeda-bedakan nantinya.

“Mau omicron atau bukan, jika gejalanya masih ringan maka akan dirawat di ruangan shafa marwa, tidak ada perbedaan apapun,” tuturnya. 

Untuk fasilitas di ruangan arafah itu dikatakan Vira ada alat ICU, NICU, PICU.

“Ruangan arafah ini selalu disterilkan karena ini untuk pasien COVID-19 dengan gejala berat seperti sesak nafas dan lain sebagainya,”ucapnya. 
Namun, menurut Vira, sejauh ini belum ada pasien COVID-19 Varian Omicron yang masuk ke RS Haji Kota Medan. “Sejauh ini belum ada dan jangan sampai ada,” tukasnya (*/ds)

Tinggalkan Balasan