Legislator Golkar Lamhot Sinaga Inisiasi Bimtek WBU Bersama Kemenperin di Toba

BERITAKARYA.COM, TOBA – Anggota DPR RI, Lamhot Sinaga, untuk yang kedua kalinya menggandeng Kementerian Perindustrian RI melakukan bimbingan teknis (Bimtek) untuk pengembangan wirausaha baru (WUB) dan meningkatkan kapasitas pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

Politisi Golkar itu menyebut, kegiatan Bimtek peningkatan wirausaha IKM tersebut sebagai bentuk dukungannya terhadap perkembangan pelaku usaha baru khususnya di IKM nasional, secara khusus di daerah pinggiran Danau Toba.

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian kita dalam peningkatan ekonomi masyarakat. kegiatan Bimtek WBU untuk IKM sudah dilakukan di berbagai daerah di pinggiran Danau Toba, seperti halnya Kabupaten Humbahas, Taput, Toba, Samosir dan kabupaten lainya,” ucapnya, Selasa (8/3/22).

Legislator Dapil Sumut II itu berharap, kegiatan bimtek nantinya dapat menciptakan WBU disertai dengan pembinaan dan bantuan alat pendukung usaha. “Bagaimana kami mendorong warga agar wirausaha baru tumbuh? Salah satunya kita bantu izin usahanya juga. Jangan berhenti di pelatihan saja, namun akan dilakukan pembinaan untuk para pelaku WBU harus tumbuh pesat di Toba. Itulah yang harus kita dorong,” ungkapnya.

Untuk itu, Lamhot Sinaga menyebut kalau IKM merupakan sektor penopang dalam perekonomian nasional. “IKM salah satu sektor yang sangat penting, karena terbukti usaha kecil dan menengah merupakan salah satu usaha yang mampu bertahan dan menggerakkan perekonomian di kala industri lainnya terpuruk, serta mampu menciptakan membuka lapangan kerja,” tutupnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak, mengapresiasi atas dukungan Anggota DPR RI, Lamhot Sinaga, atas terlaksananya kegiatan bimtek WBU di Toba. “Terima kasih atas dukungan Lamhot Sinaga dengan Kemenperin RI terlaksananya kegiatan ini. Kami berharap agar diikuti dengan sungguh-sungguh disaat pemulihan ekonomi. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik- baiknya,” harapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Toba, Efendy Napitupulu, menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Lamhot Sinaga atas dedikasinya terhadap perkembangan WBU IKM di Toba. “Terima kasih atas pengabdian dewan kami, terutama ke masyarakat Toba yang kita cintai ini. Kegiatan ini salah satu bentuk perhatian dan dan janji beliau dalam sektor IKM Toba,” ujarnya.

Bimtek digelar pada 8-11 Maret 2022 dan diikuti 120 peserta yang terbagi atas 20 peserta masing masing di 6 kecamatan. Kemudian bimtek dimulai secara resmi oleh Perwakilan Kementerian Perindustrian melalui Dirjen Kementerian Perindustrian yang mengikuti via zoom. (*/mbd)

Tinggalkan Balasan