Sosper 4/2012, Anggota DPRD Medan, Bayek Ingatkan Warga Tentang Program UHC

Beritakarya.com – Anggota DPRD Kota Medan, Mulia Asri Rambe atau Bayek kembali mengingatkan warga tentang program Universal Health Coverage (UHC) yang sudah diterapkan di Kota Medan.

Hal itu Bayek ungkapkan saat penyelenggaraan sosialisasi Peraturan Daerah Kota Medan, Nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Komplek Bank, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (29/3/2024).

“Ini (masalah kesehatan) sudah berkali-kali saya sampaikan di Perda Sistem Kesehatan Kota Medan. Karena ini sering kali terjadi di masyarakat,” papar Bayek saat membuka Sosper tersebut.

“Terbukti, masih banyak warga yang melaporkan masalah kesehatan kepada saya,” sambung Bayek.

Bayek menambahkan, berbagai laporan yang disampaikan masyarakat, seperti masalah tidak bisa berobat, karena iuran BPJS Kesehatannya menunggak.

Ada juga masyarakat yang melaporkan tentang, tidak semua anggota keluarganya terdaftar BPJS Kesehatan dan masih banyak masalah kesehatan masyarakat lainnya.

“Dan sampai sekarang pun, walau pun saya tidak menang di Pileg tahun ini, masih ada juga warga yang melaporkan keluhannya kepada saya. Karena memang dari dulu, saya cepat merespon keluhan warga itu, khususnya di bidang kesehatan,” papar Bayek.

Berkaitan dengan keluhan masyarakat tentang kesehatan, Bayek mengatakan bahwa Pemko Medan sudah menerapkan program UHC.

Dengan program UHC itu, masyarakat Kota Medan bisa berobat ke rumah sakit di Kota Medan dengan menggunakan KTP.

“Walau pun BPJS menunggak atau tidak terdaftar di BPJS Kesehatan, masyarakat bisa berobat ke rumah sakit dengan membawa KTP. Karena, Pemko Medan sudah menerapkan program UHC,” jelas Bayek.

Makanya kedepan, Bayek mengingatkan kepada warga agar jangan khawatir lagi bila ingin berobat ke rumah sakit.

Dalam kesempatan itu, Bu Jupe, warga Kecamatan Medan Labuhan mengaku anaknya ditolak berobat ke rumah sakit karena belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

“Anak saya sakit tapi pas dibawa berobat ke rumah sakit, katanya belum terdaftar di BPJS, bagaimana itu pak,” katanya.

Menanggapi hal itu, Bayek pun langsung merespon aspirasi warga tersebut.

“Jangan khawatir bu. Besok, bawa lagi anak ibu ke rumah sakit itu, lalu telepon saya ya. Mudah-mudahan suara saya masih didengar,” jawab Bayek di acara tersebut.

Turut hadir di acara tersebut Ketua PK Partai Golkar Medan Labuhan, Mahmud, Sekretaris Faisal, Penasehat KPPG Medan Labuhan, Hj Amelia Lubis, Ketua Bayek Centre, Suhaida, Ketua Harian Bayek Center, Nurhayati, seluruh Pengurus Pertai Golkar Kelurahan ke Kecamatan Medan Labuhan serta ratusan warga lainnya. (*/ dicky)

Tinggalkan Balasan